Langsung ke konten utama

Kita Hitung Yuk Berapa Rupiah dan Bagaimana Membangun Ruko Sederhana di Jakarta

Ruko atau rumah toko, kini menjadi salah satu bangunan investasi yang menguntungkan. Apalagi jika Anda memiliki sebidang tanah di tempat yang strategis. Membangun ruko di tempat yang strategis tentunya akan dilirik oleh banyak pelaku bisnis yang ingin membuka bisnisnya di tempat tersebut.

Kita Hitung Yuk Berapa Rupiah dan Bagaimana Membangun Ruko Sederhana di Jakarta

Anda bisa juga membuka bisnis ruko disewakan bulanan maupun tahunan dengan pemilihan area yang strategis. Harga sewa ruko yang berkembang ke arah yang positif setiap tahunnya membuat banyak orang mulai tertarik melakukan investasi di bidang tersebut. Salah satu kota yang sangat baik untuk dijadikan tempat investasi properti jenis ruko adalah Jakarta. Mengapa? Hal ini tentunya karena geliat ekonomi di kota ini sangat baik.

Suasana bisnis dan perekonomian di Jakarta sangat menarik dan dengan arah perkembangan yang selalu bergerak ke arah positif. Lalu, berapa ya biaya yang dibutuhkan untuk membangun ruko? Apakah anggaran yang kita persiapkan cukup untuk membangun sebuah ruko? Nah, pertanyaan ini dibahas pada ulasan berikut ini.

Rancangan biaya membangun ruko sederhana

Untuk membangun ruko yang sederhana sekalipun, kita harus merancang terlebih dahulu fasilitas apa yang akan kita berikan di dalamnya. Hal ini akan mempengaruhi anggaran yang dibutuhkan. Selain fasilitas, tinggi bangunan juga akan mempengaruhi biaya nantinya. Putuskan berapa lantai ruko yang akan Anda bangun. Nah, untuk fasilitas dan rancangan yang perlu disiapkan dalam membangun ruko diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pilihan dinding yang akan digunakan, yaitu dinding bata, batako, dan sebagainya.
  • Pilihan jenis lantai yang akan digunakan yaitu lantai keramik, lantai kayu, dan lainnya.
  • Beton untuk struktur bangunan
  • Adanya kamar mandi dan jenis closet yang digunakan nantinya.
  • Pilihan jenis pintu yang akan digunakan, yaitu pintu geser, atau pilihan pintu lainnya.
  • Pilihan atap dan rangka yang digunakan, yang sedang populer adalah rangka baja ringan dengan atap metal roof.
  • Adanya pantry atau adanya dapur yang disesuaikan dengan keinginan.

Dari berbagai kebutuhan di atas, Anda dapat mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah ruko di Jakarta. Nah, jika kita ingin membangun ruko yang paling sederhana sekalipun, kurang lebih diperlukan persiapan anggaran sebesar Rp 2.500.000,- untuk tiap m2. Biaya tersebut hanya biaya yang diperlukan untuk membangun bangunan saja.

Anda perlu tahu bahwa untuk membangun ruko, tidak hanya anggaran untuk membeli bahan bangunan saja. Ada biaya lain yang perlu dikeluarkan seperti biaya pemasangan listrik PLN, biaya pengurusan IMB, biaya membuat halaman yang digunakan untuk parkir, pemasangan canopy jika perlu, pemberian fondasi cakar ayam bila perlu, desain bangunan dan desain interior, serta berbagai hal lainnya yang diperlukan.

Biaya pembuatan ruko di Jakarta akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda dapat membangun ruko yang lebih menjual. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Lokasi

Semakin strategis lokasi, bisa jadi anggaran yang perlu Anda keluarkan menjadi semakin besar. Hal ini terutama karena harga tanah di tempat yang strategis tentunya akan sangat tinggi dibandingkan tempat lainnya. Jenis lahan yang memiliki gelombang atau memiliki kontur juga mempengaruhi biaya. Semakin berkontur, biaya pembangunan yang dibutuhkan akan semakin tinggi.

Desain

Untuk membangun ruko, kita tentunya membutuhkan desain bangunan yang tepat bukan? Nah, anggaran pembangunan ruko tersebut akan sangat dipengaruhi oleh desain ruko yang akan Anda buat. Semakin rumit dan sulit desain yang buat tentunya akan meningkatkan biaya yang perlu disiapkan.

Bahan bangunan

Jenis bahan bangunan yang Anda gunakan untuk membangun ruko juga akan mempengaruhi anggaran yang perlu disiapkan. Tidak hanya bahan dasar seperti semen dan sebagainya, bahan bangunan yang dimaksud juga termasuk bahan untuk finishing seperti cat, dan sebagainya.

Tukang dan jadwal pembangunan

Pembangunan sebaiknya dilakukan pada saat musim kemarau karena membangun bangunan pada musim hujan biasanya akan lebih susah dan membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Jika semua target pada jadwal pembangunan tercapai, maka anggaran yang dibutuhkan pun akan semakin sedikit terutama masalah biaya tukang dan sebagainya.

Memilih tukang yang berpengalaman juga akan sangat membantu karena mereka akan lebih baik dalam membangun bangunan dan meminimalkan error. Hal ini membuat biaya tambahan karena kesalahan tukang dapat ditekan.

Untuk membangun ruko di kota Jakarta, kita dapat melakukannya dengan cara mandiri atau dengan melakukan kerjasama dengan penyedia jasa pembangun ruko. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Bagi mereka yang ingin membangun ruko sendiri, kelebihan yang utama tentunya Anda dapat membangun sesuai dengan rancangan dan keinginan Anda. Namun, melakukan kerjasama dengan penyedia jasa pembangunan ruko juga akan menguntungkan karena segala urusan yang diperlukan untuk membangun ruko akan lebih mudah terselesaikan.

Agar ruko Anda dapat menjadi sumber investasi yang menguntungkan, Anda perlu jeli dalam melakukan pembangunannya. Pandai membaca pasar menjadi salah satu hal yang sangat penting. Kebutuhan masyarakat akan ruko berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Menyesuaikan bangunan ruko dengan kebutuhan pengguna menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar ruko Anda dilirik pelanggan.

Membangun ruko dapat menjadi salah satu pilihan berinvestasi bagi Anda yang memiliki anggaran lebih. Memilih lokasi strategis menjadi hal yang sangat penting. Lokasi strategis akan membuat ruko disewakan banyak peminatnya.

Melakukan pembangunan ruko dengan baik menilik permintaan pasar seperti yang sudah disinggung di atas juga menjadi hal yang sangat penting. Jangan lupa, pertimbangkan anggaran yang tersedia saat melakukan pembangunan ruko.

Postingan populer dari blog ini

Saran Bagaimana Memanfaatkan Media Online untuk Memasarkan Properti

Media sosial sekarang ini menjadi salah satu alat penjualan yang banyak digunakan. Selain praktis, menjangkau lebih dari jutaan pengguna, media sosial juga termasuk alat pemasaran yang tidak terlalu mahal untuk sebagian penjual namun tepat sasaran. Pengguna media sosial semakin hari selalu mengalami peningkatan yang artinya merupakan sebuah peluang yang besar untuk memasarkan suatu produk. Salah satu bidang jasa yang tentu mengambil bagian dalam hal ini adalah sektor properti. Tentunya terdapat beberapa celah yang harus Anda ambil apabila ingin sukses dalam memasarkan bisnis properti Anda, beberapa di antara celah tersebut dapat Anda amati dari uraian yang ada di bawah ini: Sosial media membuat Anda dapat mengenali calon konsumen dengan tepat. Kunci keberhasilan dalam pemasaran adalah meneliti dengan tepat calon konsumen Anda dan mengetahui kebutuhan properti yang dibutuhkan dalam pasaran Anda. Media sosial tentunya memiliki data lengkap yang diperlihatkan pada setiap akun y

Tahu Inflasi? Tapi Menyimpan Dana Besar di Bank? Coba Emas dan Properti!

Inflasi di dari tahun ke tahun makin berkembang mulai dari kenaikan barang bahkan jasa yang ada di setiap kegiatan perekonomian. Salah satu yang tentunya memiliki dampak adalah Anda yang menyimpan dana besar di dalam Bank. Pelayanan publik pada tempat Anda menyimpan juga pasti terkena dampak adanya inflasi tersebut. Apabila Anda dapat memiliki dana yang cukup untuk mengimbangi laju inflasi secara cepat, bukanlah sebuah masalah bagi Anda. Namun yang menjadi permasalahan adalah jika Anda tidak dapat mengikuti arus, maka dana Anda yang tersimpan tentunya hanya akan berkurang dalam skala yang tidak Anda inginkan. Sekarang ini emas dan properti menjadi banyak incaran para pengusaha untuk menyimpan hasil kerja yang telah dikumpulkan. Lalu bagaimana cara yang digunakan? Beberapa hal di bawah ini tentunya perlu Anda ketahui lebih lanjut. Emas adalah pilihan yang dapat Anda ambil. Investasi emas merupakan jenis yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat mengg