Langsung ke konten utama

Mau Investasi Murah Meriah? Bangun Kosan Saja, Ini Tipsnya!

Biaya hidup yang semakin hari semakin tinggi menghadirkan kekhawatiran tersendiri bagi sebagian besar orang. Permasalahan ekonomi ini mungkin bisa teratasi dengan mudah selama Anda masih berada dalam usia produktif untuk bekerja dan menghasilkan uang secara rutin setiap bulannya.

Akan tetapi apakah Anda bisa menjamin kesejahteraan ekonomi Anda dan keluarga nantinya setelah Anda sudah harus berhenti dari pekerjaan sehari-hari Anda karena alasan usia ataupun lainnya? Di sini lah pentingnya investasi untuk masa depan keuangan Anda dan keluarga.

Mau Investasi Murah Meriah? Bangun Kosan Saja, Ini Tipsnya!

Investasi merupakan tindakan untuk menanam sejumlah modal yang nilainya tetap atau bisa bertambah dari waktu ke waktu. Investasi ini adalah langkah tepat untuk menabung uang atau harta benda Anda agar tidak terpakai percuma dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain di masa mendatang.

Ada banyak cara-cara yang bisa ditempuh untuk berinvestasi secara ekonomi. Contoh investasi ini diantaranya investasi saham, emas, tanah ataupun barang-barang berharga lainnya. Salah satu cara investasi yang cukup populer saat ini adalah dengan membangun kos-kosan. Cara ini dinilai lebih efektif dibandingkan membiarkan tanah Anda kosong tidak dipergunakan. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di bidang kos-kos an ini simak beberapa tips berikut :

Pilih lokasi yang tepat

Membangun sebuah kos-kosan harus dilakukan di lahan yang tepat. Lokasi yang tidak pas akan membuat kos-kosan Anda kurang diminati sehingga akan sulit untuk mendapatkan penyewa. Pilihlah lokasi yang ramai dan dekat dengan instansi seperti sekolah, kantor ataupun rumah sakit.

Di sekitar lokasi-lokasi tersebut akan dapat dengan mudah ditemukan kos-kosan karena potensi penyewanya juga cukup banyak. Tentukan lokasi yang strategis, selain dekat dengan instansi tadi pilih juga tempat yang dekat dengan fasilitas umum lainnya seperti jalan raya, tempat ibadah, halte bus, toko serta warung makan.

Umumnya semakin strategis lokasi sebuah kos-kosan akan semakin tinggi harga sewanya. Hal ini tentu akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Buat bangunan dengan pondasi yang kuat

Jika Anda masih memiliki dana yang terbatas untuk membangun kos-kosan dengan banyak kamar sekaligus maka Anda bisa mencicil dengan membangun beberapa lebih dulu. Buatlah pondasi bangunan yang kuat yang bisa menahan bangunan dengan 2, 3 ataupun 4 lantai sekaligus.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kalau sewaktu-waktu Anda memilki dana lebih untuk membangun tempat kos Anda menjadi 2 tingkat atau lebih untuk menambah kamar yang bisa disewakan.

Jika Anda tidak membangun dengan pondasi yang kuat maka Anda harus membongkar dan membangun kembali bangunan Anda untuk mendapatkan bangunan yang kuat dan kokoh.

Buat kamar dengan ventilasi yang baik

Para penyewa kamar tentu menginginkan kamar yang bersih dan sehat. Parameter ini salah satunya bisa ditentukan dengan ada atau tidaknya sirkulasi udara yang baik di dalam kamar. Pastikan Anda menyediakan sirkulasi udara yang memadai agar udara di dalam kamar tidak pengap ataupun lembab.

Ventilasi udara ini juga sangat penting untuk diperhatikan terlebih jika Anda akan menyewakan kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam atau dapur. Sirkulasi yang kurang memadai tentu akan membuat aroma dari kamar mandi ataupun dapur terperangkap di dalam kamar dan membuat tidak nyaman.

Sediakan lahan parkir yang memadai

Saat ini mobilitas masyarakat sudah semakin tinggi, tidak jarang para penghuni kos membawa kendaraan pribadinya masing-masing. Hal ini membuat ketersediaan lahan parkir menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam memilih sebuah rumah kos.

Anda perlu menyediakan lahan parkir yang cukup serta aman untuk penghuni agar orang lebih tertarik untuk menyewa kos-kosan Anda. Kemananan tempat parkir juga perlu menjadi perhatian khusus mengingat kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Empat tips tadi bisa Anda jadikan pertimbangan sebelu membangun kos-kosan untuk investasi jangka panjang. Bangunan kos yang dirancang dan dibuat dengan tepat tentu akan lebih bertahan lama dan tidak memerlukan biaya perawatan yang terlalu besar.

Kondisi bangunan serta fasilitas yang tersedia pada bangunan kos juga perlu menjadi perhatian penting karena menjadi faktor yang dapat menarik penyewa untuk menggunakan kamar kos yang Anda tawarkan. Semakin lengkap fasilitas yang Anda miliki maka semakin tinggi harga sewa yang bisa Anda tawarkan sehingga keuntungan yang didapatkan juga akan semakin besar.

Postingan populer dari blog ini

Saran Bagaimana Memanfaatkan Media Online untuk Memasarkan Properti

Media sosial sekarang ini menjadi salah satu alat penjualan yang banyak digunakan. Selain praktis, menjangkau lebih dari jutaan pengguna, media sosial juga termasuk alat pemasaran yang tidak terlalu mahal untuk sebagian penjual namun tepat sasaran. Pengguna media sosial semakin hari selalu mengalami peningkatan yang artinya merupakan sebuah peluang yang besar untuk memasarkan suatu produk. Salah satu bidang jasa yang tentu mengambil bagian dalam hal ini adalah sektor properti. Tentunya terdapat beberapa celah yang harus Anda ambil apabila ingin sukses dalam memasarkan bisnis properti Anda, beberapa di antara celah tersebut dapat Anda amati dari uraian yang ada di bawah ini: Sosial media membuat Anda dapat mengenali calon konsumen dengan tepat. Kunci keberhasilan dalam pemasaran adalah meneliti dengan tepat calon konsumen Anda dan mengetahui kebutuhan properti yang dibutuhkan dalam pasaran Anda. Media sosial tentunya memiliki data lengkap yang diperlihatkan pada setiap akun y

Kita Hitung Yuk Berapa Rupiah dan Bagaimana Membangun Ruko Sederhana di Jakarta

Ruko atau rumah toko, kini menjadi salah satu bangunan investasi yang menguntungkan. Apalagi jika Anda memiliki sebidang tanah di tempat yang strategis. Membangun ruko di tempat yang strategis tentunya akan dilirik oleh banyak pelaku bisnis yang ingin membuka bisnisnya di tempat tersebut. Anda bisa juga membuka bisnis ruko disewakan bulanan maupun tahunan dengan pemilihan area yang strategis. Harga sewa ruko yang berkembang ke arah yang positif setiap tahunnya membuat banyak orang mulai tertarik melakukan investasi di bidang tersebut. Salah satu kota yang sangat baik untuk dijadikan tempat investasi properti jenis ruko adalah Jakarta. Mengapa? Hal ini tentunya karena geliat ekonomi di kota ini sangat baik. Suasana bisnis dan perekonomian di Jakarta sangat menarik dan dengan arah perkembangan yang selalu bergerak ke arah positif. Lalu, berapa ya biaya yang dibutuhkan untuk membangun ruko? Apakah anggaran yang kita persiapkan cukup untuk membangun sebuah ruko? Nah, pertanyaan ini

Tahu Inflasi? Tapi Menyimpan Dana Besar di Bank? Coba Emas dan Properti!

Inflasi di dari tahun ke tahun makin berkembang mulai dari kenaikan barang bahkan jasa yang ada di setiap kegiatan perekonomian. Salah satu yang tentunya memiliki dampak adalah Anda yang menyimpan dana besar di dalam Bank. Pelayanan publik pada tempat Anda menyimpan juga pasti terkena dampak adanya inflasi tersebut. Apabila Anda dapat memiliki dana yang cukup untuk mengimbangi laju inflasi secara cepat, bukanlah sebuah masalah bagi Anda. Namun yang menjadi permasalahan adalah jika Anda tidak dapat mengikuti arus, maka dana Anda yang tersimpan tentunya hanya akan berkurang dalam skala yang tidak Anda inginkan. Sekarang ini emas dan properti menjadi banyak incaran para pengusaha untuk menyimpan hasil kerja yang telah dikumpulkan. Lalu bagaimana cara yang digunakan? Beberapa hal di bawah ini tentunya perlu Anda ketahui lebih lanjut. Emas adalah pilihan yang dapat Anda ambil. Investasi emas merupakan jenis yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat mengg