Langsung ke konten utama

5 Alasan Orang Gagal Bekerja Setelah Lulus Kuliah

Bekerja tentu menjadi tujuan awal setelah seseorang lulus kuliah. Namun tidak semudah mengucapkannya, mencari pekerjaan tidaklah selalu mudah apalagi jika Anda tidak memiliki informasi serta koneksi yang tepat.

Apakah persiapan sangatlah diperlukan untuk mencari pekerjaan? Jawabannya tentu sangatlah dibutuhkan. Mencari pekerjaan hampir sama seperti ketika Anda mencari kampus yang tepat untuk Anda. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dipelajari sebagai bahan Anda mencari dan menjawab setiap pertanyaan dari pemilik perusahaan.

 5 Alasan Orang Gagal Bekerja Setelah Lulus Kuliah

Beberapa dari Anda yang sudah berusaha mencoba dengan baik namun belum mendapatkan hasil yang terbaik, Anda perlu mengetahui 5 alasan yang mungkin masih Anda lakukan dan menyebabkan kegagalan pada karir Anda.

Lulusan tidak berkualitas tentunya menjadi salah satu alasan yang dipilih. Beberapa lulusan baru memiliki pemikiran bahwa apa yang sudah dilakukan semasa kuliah telah berakhir ketika wisuda. Beberapa mengira bahwa mencari pekerjaan tidak akan ada sangkut pautnya dengan masa perkuliahan dan berbagai mata kuliah di dalamnya.

Padahal memiliki kemampuan untuk terus mengasah teori masa kuliah hingga sempurna adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk membuktikan bahwa Anda merupakan lulusan yang berkualitas, baik secara teori maupun praktek. Banyak sekali pekerjaan yang menanti Anda, namun membutuhkan konsep dan teori yang telah Anda pelajari di masa perkuliahan untuk diterapkan pada perusahaan tersebut.

Terlalu banyak lulusan pada suatu bidang tertentu. Memang memiliki jurusan favorit merupakan hal yang wajib Anda lakukan saat pertama kali memilih universitas. Meskipun semua jurusan pasti memiliki penempatan pekerjaan masing-masing, namun tidak semua sesuai dengan harapan Anda.

Maka dari itu jika dimungkinkan pilihlah jurusan yang masih sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan dan memiliki lulusan yang masih minim. Salah satu contohnya adalah lulusan sipil yang berkualitas lebih sedikit dibandingkan dengan lulusan jurusan sosial, hal ini tentu sangat berpengaruh dengan persaingan lowongan pekerjaan yang akan Anda ambil nantinya. Jadi, Anda harus memilih jurusan yang tepat sedari awal untuk menghasilkan langkah yang maksimal dalam hidup Anda.

Kesiapan melamar pekerjaan yang belum maksimal tentunya menjadi salah satu penyebab dari dalam diri sendiri yang perlu dibenahi. Banyak yang sudah mempersiapkan kelengkapan berkas, resume tentang riwayat pendidikan bahkan segala macam sertifikat yang dibutuhkan. Hal ini sangatlah penting karena banyak pula yang masih terjebak dalam zona nyaman selepas lulus.

Ada baiknya Anda mempersiapkan berkas dan juga persyaratan dalam mencari kerja secepat mungkin setelah Anda lulus dari universitas. Persaingan dalam mencari dunia kerja sangatlah ketat, tentunya hal ini akan semakin sulit jika Anda tidak berlari dalam melakukan kompetisi pencarian kerja dengan yang lulusan lainnya.

Tidak siap dengan segala jenis tes atau kualifikasi pekerjaan juga termasuk hambatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Banyak sekali jenis ujian yang akan diberikan oleh perusahaan, biasanya mulai dari ujian potensi akademik, kesehatan, dan tentunya tahap wawancara. Anda harus mempersiapkan segala kesiapan, mulai mempelajari hal yang berkaitan dengan perusahaan yang Anda pilih, dan tentunya menjaga kesehatan Anda agar prima dalam setiap ujian yang diberikan oleh perusahaan.

Terakhir adalah menembus tahap terakhir yang biasanya adalah tahap interview atau wawancara. Banyak sekali sarjana yang gagal ketika sampai pada tahap ini. Terdapat beberapa pertanyaan yang akan diberikan untuk Anda terkait ilmu pengetahuan Anda, hingga minat dan beberapa hal pribadi.

Tentu jawaban yang tepat merupakan kunci utama untuk meyakinkan pihak dari perusahaan yang akan memilih Anda. Selain itu, perbanyak wawasan tentang tes wawancara dari berbagai sumber adalah ilmu yang bermanfaat pula bagi lulusan baru seperti Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana? Apakah 5 alasan di atas termasuk satu dari sekian banyak yang mungkin luput dari pengawasan Anda. Apabila 5 alasan tersebut memang perlu Anda benahi, tidak ada kata terlambat untuk mulai memperbaiki langkah Anda agar tidak tertunda lagi.

Proses yang panjang tentunya tidak menentukan Anda mendapatkan pekerjaan yang langsung sesuai dengan keinginan Anda. Namun persiapan yang tepat tentunya tidak akan memberikan hasil yang mengecewakan khususnya dalam hal melamar pekerjaan.

Postingan populer dari blog ini

Saran Bagaimana Memanfaatkan Media Online untuk Memasarkan Properti

Media sosial sekarang ini menjadi salah satu alat penjualan yang banyak digunakan. Selain praktis, menjangkau lebih dari jutaan pengguna, media sosial juga termasuk alat pemasaran yang tidak terlalu mahal untuk sebagian penjual namun tepat sasaran. Pengguna media sosial semakin hari selalu mengalami peningkatan yang artinya merupakan sebuah peluang yang besar untuk memasarkan suatu produk. Salah satu bidang jasa yang tentu mengambil bagian dalam hal ini adalah sektor properti. Tentunya terdapat beberapa celah yang harus Anda ambil apabila ingin sukses dalam memasarkan bisnis properti Anda, beberapa di antara celah tersebut dapat Anda amati dari uraian yang ada di bawah ini: Sosial media membuat Anda dapat mengenali calon konsumen dengan tepat. Kunci keberhasilan dalam pemasaran adalah meneliti dengan tepat calon konsumen Anda dan mengetahui kebutuhan properti yang dibutuhkan dalam pasaran Anda. Media sosial tentunya memiliki data lengkap yang diperlihatkan pada setiap akun y

Kita Hitung Yuk Berapa Rupiah dan Bagaimana Membangun Ruko Sederhana di Jakarta

Ruko atau rumah toko, kini menjadi salah satu bangunan investasi yang menguntungkan. Apalagi jika Anda memiliki sebidang tanah di tempat yang strategis. Membangun ruko di tempat yang strategis tentunya akan dilirik oleh banyak pelaku bisnis yang ingin membuka bisnisnya di tempat tersebut. Anda bisa juga membuka bisnis ruko disewakan bulanan maupun tahunan dengan pemilihan area yang strategis. Harga sewa ruko yang berkembang ke arah yang positif setiap tahunnya membuat banyak orang mulai tertarik melakukan investasi di bidang tersebut. Salah satu kota yang sangat baik untuk dijadikan tempat investasi properti jenis ruko adalah Jakarta. Mengapa? Hal ini tentunya karena geliat ekonomi di kota ini sangat baik. Suasana bisnis dan perekonomian di Jakarta sangat menarik dan dengan arah perkembangan yang selalu bergerak ke arah positif. Lalu, berapa ya biaya yang dibutuhkan untuk membangun ruko? Apakah anggaran yang kita persiapkan cukup untuk membangun sebuah ruko? Nah, pertanyaan ini

Tahu Inflasi? Tapi Menyimpan Dana Besar di Bank? Coba Emas dan Properti!

Inflasi di dari tahun ke tahun makin berkembang mulai dari kenaikan barang bahkan jasa yang ada di setiap kegiatan perekonomian. Salah satu yang tentunya memiliki dampak adalah Anda yang menyimpan dana besar di dalam Bank. Pelayanan publik pada tempat Anda menyimpan juga pasti terkena dampak adanya inflasi tersebut. Apabila Anda dapat memiliki dana yang cukup untuk mengimbangi laju inflasi secara cepat, bukanlah sebuah masalah bagi Anda. Namun yang menjadi permasalahan adalah jika Anda tidak dapat mengikuti arus, maka dana Anda yang tersimpan tentunya hanya akan berkurang dalam skala yang tidak Anda inginkan. Sekarang ini emas dan properti menjadi banyak incaran para pengusaha untuk menyimpan hasil kerja yang telah dikumpulkan. Lalu bagaimana cara yang digunakan? Beberapa hal di bawah ini tentunya perlu Anda ketahui lebih lanjut. Emas adalah pilihan yang dapat Anda ambil. Investasi emas merupakan jenis yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat mengg